PERKENANAN ADALAH HABITAT ALAMI ANDA!

image

Baru-baru ini saya menerima “ministry letter” dari seorang pemimpin terkenal Kristen yang menulis bahwa ia telah meluangkan waktu secara khusus untuk berdoa hanya bagi saya (padahal tentu saja surat formal ini telah dikirimkannya juga kepada ribuan orang lain). Dia menulis bahwa Tuhan telah memperlihatkan kepadanya kami sedang dalam serangan Iblis, tetapi (menurut dia) Tuhan memberitahu dia apa rahasia agar saya bisa bebas dari serangan itu. Dia katakan, “Saya merasa bahwa keuangan Anda, kesehatan Anda dan seseorang yang Anda kasihi sedang diserang iblis.” (Itu sih semua orang juga tahu!)

Kemudian ia mengatakan, “Saya merasa bahwa satu-satunya cara supaya Anda bisa memahami apa yang akan terjadi adalah mempercayai bahwa nubuat yang saya tuliskan bagi Anda adalah benar dan akurat.” Klaim seperti ini tentu saja mengabaikan apa yang Alkitab katakan, yakni supaya kita menguji semua hal dan berpegang teguh kepada apa yang baik. Kata-kata nubuat macam apa ini? Rahasia apa?

Dalam langkah ke-4, dikatakan saya harus mengikuti petunjuk Tuhan secara persis: “Anda harus memberikan persembahan benih iman yang lebih besar dari apa pun yang pernah Anda berikan sebelumnya … persis 5 hari setelah saya menerima persembahan benih iman itu dan pokok-pokok doa Anda, akan terjadi ledakan mujizat dalam hidup Anda …”

Serius lo? Surat itu tidak lebih dari iklan penjualan produk. Iklan memang tak ada salahnya. Tetapi mujizat Yesus tidak untuk diperjualbelikan. Ini bukan tentang formula. Ini tentang perkenanan!

KITA SEMUA INGIN MENYAKSIKAN MUJIZAT, TETAPI PERKENANAN ADALAH SESUATU YANG CUMA-CUMA!

Kita semua menginginkan mujizat, tapi pernahkah Anda menyadari bahwa bagi beberapa orang mujizat tampaknya selalu terjadi? Maksud saya, segala sesuatu sepertinya selalu terjadi sesuai dengan yang mereka inginkan. Apapun yang mereka sentuh berubah jadi emas. Segala hal menguntungkan mereka. Mereka selalu punya kesaksian. Mereka selalu punya kisah untuk diceritakan. Seolah mereka memiliki hubungan langsung-khusus dengan Allah yang tidak kita memiliki.

Dan respon kita terhadap orang-orang jenis ini beragam. Beberapa dari kita mungkin jadi cemburu atau iri. Yang lainnya mungkin jadi marah kepada Tuhan karena mereka telah mencoba melakukan segala sesuatu dengan benar tapi tampaknya tidak ada hal dalam hidup mereka yang berjalan sesuai dengan yang mereka inginkan.

Kenyataannya adalah Anda benar-benar ingin mendapatkan pekerjaan impian. Anda benar-benar ingin terbebas dari hutang. Anda benar-benar butuh kesembuhan. Anda benar-benar ingin memiliki persahabatan yang indah dengan orang-orang yang menikmati Anda, bukan mentolerir Anda. Anda benar-benar ingin bisnis Anda berkembang.

Anda ingin saya beritahu “resep rahasia”nya? ANDA ADALAH MAGNET UNTUK HAL-HAL BAIK. Hal-hal baik tertarik datang kepada Anda, begitu banyaknya hal baik sehingga “Kebajikan (goodness) dan kemurahan (mercy) mengikuti Anda seumur hidup Anda.” Anda masih hidup kan? Maka kemana pun Anda pergi, kebajikan dan kemurahan akan terus mengejar Anda dan menguntungkan Anda!

Saya tidak mengatakan Allah berhutang sesuatu kepada Anda. Saya tidak berbicara tentang mentalitas hak. Saya tidak mengatakan Anda memang “layak” mendapatkan semua itu. Malah sebaliknya. INILAH YANG MENJADI MASALAH. Banyak orang Kristen yang diajari bahwa mereka berhak mendapatkan yang baik; bahwa jika mereka memberi perpuluhan Tuhan akan memberkati mereka, jika mereka lakukan baik Tuhan akan memberikan mereka hal-hal baik. Namun itu bukan perkenanan. Itu legalisme.

Kata “perkenanan” dan kata “kasih karunia” adalah hal yang sama! Roma 11:6, mengatakan, “Tetapi jika hal itu terjadi karena kasih karunia, maka bukan lagi karena perbuatan, sebab jika tidak demikian, maka kasih karunia itu bukan lagi kasih karunia.

Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya dan besar-Nya, dan DALAM PERKENANAN Allah dan manusia (Lukas 2:52 New King James Version).

Jesus increased in wisdom and stature, and in FAVOR with God and men (Luke 2:52 New King James Version)

Allah Bapa tidak memberikan Yesus lebih banyak perkenanan. Yesus bertumbuh dalam perkenanan yang sudah Dia miliki sejak semula! Anda tidak memerlukan lebih banyak perkenanan, Anda hanya perlu bertumbuh dalam perkenanan yang Anda sudah memiliki.

Jika Anda masih mencoba melayakkan diri Anda untuk mendapatkan hal-hal baik, Anda tahu apa yang akan terjadi? Anda tidak akan percaya Anda bisa memiliki hal-hal baik itu SAMPAI Anda mencapai standar. Anda terus-menerus mendiskualifikasi diri sendiri -merasa tidak layak- sehingga Anda tidak akan pernah mendapatkan pekerjaan impian Anda karena tidak benar-benar percaya Anda layak untuk itu. Anda merasa tidak memenuhi syarat untuk persahabatan yang Anda inginkan. Dan ketika peluang datang menghampiri, Anda tidak bis melihatnya karena Anda tidak benar-benar sedang menantikannya.

PERKENANAN ADALAH HABITAT ALAMI ANDA!

Hukum Taurat menuntut. Kasih karunia menyediakan. Sangat sulit bagi sebagian orang Kristen memahami hal ini. Mereka terus mencari formula spiritual yang lain lagi dan lain lagi untuk mendapatkan sesuatu dari Allah atau untuk mendapatkan jawaban doa … tetapi hasil terbaik dari cara yang demikian adalah suatu percampuran hukum Taurat dengan kasih karunia. Sebuah hukum yang bahkan sudah tidak ada, karena seluruh imamat, sistem persembahan korban, Bait, segala ketetapan dan peraturan dan catatan silsilah telah hancur musnah tahun 70 Masehi.

Sekarang bayangkan diri Anda sebagai Spongebob Squarepant atau Aquaman yang berada di dasar laut, bukan karena pasangan Anda telah melemparkan Anda dari perahu, tetapi karena itu adalah habitat alami Anda. Itulah lingkungan asli Anda. Anda bernapas dalam air seolah air adalah udara. Lalu Anda memandang ke sekeliling dan melihat bagaimana semuanya terhubung dengan air, basah oleh air. Setiap sudut dan celah. Setiap makhluk hidup sepenuhnya dilingkupi oleh air.

Alkitab mengatakan, “Sebab bumi akan penuh dengan pengetahuan tentang kemuliaan Tuhan, seperti air yang menutupi dasar laut” (Habakuk 2:14). Yesaya 6:3 katakan “seluruh bumi penuh kemuliaan-Nya.” Artinya, seperti air laut menutupi dasar laut, segala sesuatu di sekeliling Anda dipenuhi dengan kemuliaan … setiap benda mati, setiap makhluk hidup, setiap molekul oksigen, segala sesuatu dalam bidang kuantum energi. Alam semesta penuh dan saturated (jenuh) dengan kemuliaan Allah.

Perhatikan ini …

Dalam Filipi 4:19 Paulus katakan, “Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dalam kemuliaan-Nya oleh Kristus Yesus” (Filipi 4:19 New King James Version).

My God shall supply all your need according to His riches in glory by Christ Jesus” (Philippians 4:19 New King James Version)

Dimanakah kekayaan-Nya? Di dalam kemuliaan-Nya, bukan? Dimanakah kemuliaan-Nya menurut Habakuk dan Yesaya? Di mana-mana! Termasuk di dalam Anda. Kristus yang ada di dalam Anda adalah pengharapan akan kemuliaan (the hope of glory). Seluruh alam semesta penuh terisi dengan kemuliaan Allah, menunggu untuk memenuhi kebutuhan Anda dan kebutuhan saya. Tidak ada yang namanya kekurangan … yang ada hanyalah ketidakmampuan untuk melihat kelimpahan itu. Seluruh alam semesta menanti-nantikan kita mempercayai kita telah memiliki perkenanan, bahwa kita memiliki kasih karunia, sebuah unmerited supply – penyediaan yang bukan karena kebaikan kita – untuk apa saja yang kita butuhkan.

Paulus katakan Kristus Yesus memenuhi “segala keperluanmu.” Selama ini mungkin kita berpikir kata-kata Paulus ini artinya Tuhan memastikan kita memiliki setidaknya atap tipis untuk memayungi kita dan T-shirt tua kumal yang sudah bolong untuk kita pakai. Itu namanya kemiskinan, bukan provision atau penyediaan. Saya pikir memenuhi segala keperluan kita tergambar oleh kata PROVISION. Allah pro “untuk” visi/gambaran-Nya tentang Anda. Itulah konteks kata-kata Paulus.

Anda bisa melihat bahwa Injil bukanlah seperti yang telah diajarkan kepada kita selama ini. Injil bukanlah tentang keluar dari neraka secara gratis. Jika kita memandangnya demikian, implikasinya adalah mencari jawaban bagaimana caranya masuk sorga. Pandangan yang demikian membuat kita kehilangan hal-hal luarbiasa yang harusnya kita alami selama hidup di dunia. Daud mengatakan, “Sesungguhnya, aku percaya akan melihat kebaikan Tuhan di negeri orang-orang yang hidup!” (Mazmur 27:13). Yesus sedang melebarkan Kerajaan-Nya di bumi, yang menjamah setiap area dalam kehidupan.

Paulus sedang dalam misi untuk memberitakan Injil, ia memiliki visi dari Allah untuk memberitakan Injil kepada bangsa-bangsa lain (non Yahudi), khususnya di Roma. Paulus katakan, Allahnya akan memenuhi segala keperluannya menurut kekayaan dalam kemuliaan-Nya. Dengan kata lain, tidak peduli di mana pun Paulus berada atau apa pun yang terjadi, selalu telah tersedia jawaban baginya dalam alam kemuliaan (realm of glory) di sekelilingnya. Bisa jadi seorang malaikat datang kepadanya untuk memperingatkan dia bahwa kapal akan tenggelam. Mungkin ketika dia hampir tenggelam di laut, sepotong kayu mengambang mendekatinya dan dia bisa menggunakannya untuk sampai ke pantai. Mungkin ketika Paulus dan rekan sepelayanannya dilemparkan ke dalam penjara, sebuah gempa bumi menggoncang dan membuka pintu penjara. Mungkin artinya Allah memberkati pekerjaan sampingannya sebagai pembuat kemah sehingga dia memiliki cukup dana untuk pelayanan berikutnya. Allah adalah PRO-VISION bagi hidup Anda … OLEH KASIH KARUNIA. Kasih karunia menyediakan. Anda memiliki PERKENANAN untuk segala sesuatu yang Anda butuhkan!

SIAPA YANG SEDANG BERUSAHA MEYAKINKAN SIAPA?

Hidup dalam perkenanan berarti menjadi sangat kaya, walau bukan tampak seperti Pillsbury Dough Boy* dengan uang satu juta dolar dalam jaket Anda. Yang harus Anda lakukan hanyalah meminta dan percaya, yakin dan tinggal tenang bahwa Anda sudah memiliki perkenanan. Yesus katakan, “Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya” (Matius 6:8). Jadi Anda tidak perlu meyakinkan Bapa … DIA YANG SEDANG BERUSAHA MEYAKINKAN ANDA!!!!

Kepercayaan Anda tidak mendatangkan perkenanan atas Anda seolah hal itu adalah pembayaran kepada Allah untuk terjadinya mujizat atau agar doa Anda dijawab. Demikian juga ketidakpercayaan Anda tidak bisa menghentikan perkenanan Allah atas Anda. Tetapi hanya kepercayaan Andalah yang membuat Anda BISA MELIHAT PERKENANAN ITU. Jadi mulailah percaya!

Paulus mengatakan “Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dalam kemuliaan-Nya OLEH KRISTUS YESUS.” Siapa tahu Anda belum tahu, Kristus bukanlah nama depan atau nama belakang Yesus. Kristus artinya YANG DIURAPI (THE ANOINTED ONE). URAPAN itulah yang artinya PERKENANAN. Urapan itu adalah kehadiran yang menjadi magnet bagi jawaban dan solusi dan penyediaan. Intinya adalah … ANDA SUDAH DIURAPI karena Anda ADA DI DALAM KRISTUS! Oleh karena itu, kita hidup DARI PERKENANAN, BUKAN untuk mendapatkan perkenanan.

KESIMPULAN:
Apa yang menjadi visi Anda tahun ini? Apa tujuan Anda? Untuk hal apa Anda membutuhkan PRO-VISION? Saat Anda meminta kepada Bapa, ijinkan hati Anda sepenuhnya percaya bahwa perkenanan dalam hidup Anda akan menjadi magnet yang menarik orang-orang, jawaban atau penyediaan keuangan bagi langkah berikutnya dalam perjalanan Anda. Ada pepatah lama yang berbunyi, “Ketika murid sudah siap, guru akan muncul.” Tepat sekali.

Chuck Crisco: Favor is Your Natural Habitat; February 23, 2015.

http://www.anewdaydawning.com/blog-1/2015/2/23/favor-is-your-natural-habitat

image

*Pillsbury Dough Boy adalah ikon dan maskot yang muncul dalam banyak iklan (produk biskuit, bolu gulung, dan kue-kue) perusahaan Pillsbury.

Advertisements