ANDA LAHIR KE DALAM KASIH KARUNIA

image

Tidak pernah ada satu momen pun dalam hidup Anda saat Allah berhubungan dengan Anda bukan dengan KASIH KARUNIA.

Anda dilahirkan ke dalam lautan kasih ilahi yang sangat dalam dan sangat luas dan yang abadi.

Ketika Anda ada dalam kandungan ibu Anda (Mazmur 22:10-11), Ia yang telah membentuk dan menenun Anda dengan ajaib (Mazmur 139:13). Seperti Yeremia yang dikenal bahkan sebelum Allah membentuknya dalam rahim ibunya (Yeremia 1:5). Seperti Yohanes Pembaptis yang penuh dengan Roh Kudus mulai dari rahim ibunya (Lukas 1:13-15). Seperti Paulus yang telah dipilih sejak dalam kandungan ibunya dan yang telah dipanggil oleh kasih karunia-Nya (Galatia 1:15-16). Allah selalu terlibat dalam kehidupan Anda.

Ketika Anda bernapas untuk pertama kalinya saat dilahirkan, para malaikat bernyanyi (Matius 18:10) dan Bapa, Anak dan Roh Kudus merayakan kelahiran Anda dengan penuh sukacita. Anda selalu diinginkan.

Dia memandangi Anda, wajah-Nya berhadapan dengan wajah Anda saat mata Anda, pelan-pelan terbuka, menyambut hari baru … karena Dia adalah Penjaga Anda yang tidak pernah terlelap (Mazmur 121:3).

Dia tidak pergi ketika Anda tidak ingin bertemu Dia. Dia tidak menjauh saat Anda melangkah ke dalam kegelapan dan melupakan diri-Nya.

Dalam ketidakpercayaan Anda Ia tetap mempercayai destiny/ takdir, potensi, dan tujuan Anda. Seperti seorang bapa yang telah melihat anaknya mampu berjalan sebelum anak itu melakukannya, demikianlah Bapa Anda mengajak Anda melihat apa yang Ia lihat mengenai potensi Anda.

Tidak peduli karena perilaku apa Anda tersandung, Dia tidak tersinggung atau marah kepada Anda (Lukas 22:32), tetapi menunggu Anda memandang kepada-Nya. Allah tidak pernah sekali pun marah kepada Anda. Dia tidak pernah sekali pun menghukum Anda. Anda sendiri yang melukai hati nurani Anda dan menerima konsekuensi keputusan Anda sendiri.

Ketika Anda berteriak marah kepada-Nya karena berpikir Dia tidak bersama Anda saat Anda melewati pengalaman yang menyakitkan, sebenarnya Dia selalu ada di sana bersama Anda. Dia tidak selalu melepaskan Anda dari sebuah krisis, karena Dia tidak bisa melanggar kehendak bebas siapapun; tetapi Dia selalu ada bersama Anda untuk memberikan Anda hikmat (Yakobus 1:5) untuk menyeberangi atau melalui krisis itu. Sebelum, selama dan sesudah.

Lihat kan? Anda tidak pernah sendirian (Ibrani 13:5)!

Dia ingin Anda melihat bahwa Da selalu mengenal Anda melalui kasih karunia! Sekarang DIA ingin Anda mengenal DIA melalui kasih karunia!

Dia menerima Anda ke dalam hidup-Nya jauh sebelum Anda menerima Dia ke dalam hidup Anda. Itu karena Injil adalah ya dan amin di dalam Kristus Yesus (2 Korintus 1:20). Dia telah mengatakan ya sebelum Anda mengatakannya. Sekarang Dia mengundang Anda untuk mempercayai siapa Dia senantiasa bagi Anda.

2 Timotius 1:9 New King James Version:
Dialah yang telah menyelamatkan kita dan memanggil kita dengan panggilan kudus, bukan berdasarkan perbuatan kita, melainkan berdasarkan tujuan dan kasih karunia-Nya sendiri, yang telah dikaruniakan kepada kita dalam Kristus Yesus sebelum permulaan waktu …

Mengapa? Bagaimana?

Tidak pernah ada masa dalam hidup Anda yang di dalamnya Taurat perjanjian lama masih berlaku. Perbandingan hukum Taurat dan kasih karunia adalah bagi angkatan transisi abad pertama – saat kematian, penguburan, kebangkitan, kenaikan dan pemuliaan Yesus menandai dimulainya fajar era baru. Orang Yahudi abad pertama diberikan waktu 40 tahun, satu angkatan, untuk meninggalkan sistem hukum dan menerima kasih karunia sebelum penghancuran tiba. Taurat sudah selesai tugasnya secara keseluruhan. Di salib Taurat telah menjadi usang (Ibrani 8:13), tetapi baru sepenuhnya memudar dan menemui kesudahannya tahun 70 Masehi saat Bait Allah, imamat, persembahan korban, perjanjian bangsa Israel dan hari-hari raya digenapi sepenuhnya.

Seperti 2 Korintus 5:19 katakan, “Allah di dalam Kristus mendamaikan dunia dengan diri-Nya, DENGAN TIDAK MEMPERHITUNGKAN PELANGGARAN MEREKA KEPADA MEREKA.”

Perhatikan Allah berbicara tentang DUNIA dan UMAT MANUSIA, bukan orang percaya. Dia tidak pernah memperhitungkan dosa-dosa kita, karena dalam kasih tidak ada celah untuk menyimpan kesalahan! Kasih tidak menyimpan kesalahan (1 Korintus 13:5). Allah adalah KASIH.

Injil adalah karya Kristus yang PARIPURNA! Anda adalah bagian dalam karya Kristus. Anda sudah disalibkan bersama Kristus sebelum Anda percaya. Penebusan universal bukan universalisme, dan penebusan universal itulah alasan Paulus bisa mengatakan,

1 Timotius 4:10 New King James Version:
Untuk itulah kita berjerih payah dan berjuang, karena kita percaya kepada Allah yang hidup, JURUSELAMAT SEMUA manusia, terutama mereka yang percaya.”

Artinya hanya ada orang percaya dan orang tidak percaya. Yang kasih selalu inginkan adalah Anda melihat dan percaya.

Paul juga mengatakan,

Efesus 4:6 New King James Version:
Satu Allah dan Bapa dari SEMUA, yang ada di atas SEMUA, oleh SEMUA dan di dalam SEMUA.”

Kolose 3:11 New King James Version:
Dalam hal ini tiada lagi orang Yunani atau orang Yahudi, orang bersunat atau orang tak bersunat, orang barbar, orang Skit, budak, orang merdeka; tetapi Kristus adalah SEMUA dan di dalam SEMUA.”

Paulus mengatakan Kristus entah bagaimana ada DI DALAM orang barbar. Ada bukti kontekstual yang menunjukkan bahwa Paulus berbicara tidak hanya mengenai semua orang percaya tapi mengenai seluruh umat manusia sebelum mereka percaya. Tapi itu akan dibahas dalam artikel yang lain. Bagaimanapun juga, kebenaran ini dapat ditemukan dalam kenyataan seluruh bumi penuh kemuliaan-Nya. Ketika seseorang mendengar Injil, Injil itu bergema dalam diri mereka karena Allah sendiri yang bersaksi dalam hati mereka.

Paulus juga memastikan dia mengatakan bahwa kita sedang “diasuh” oleh alam sorga.

Galatia 4:26 New King James Version:
Tetapi Yerusalem sorgawi adalah perempuan yang merdeka, yang adalah IBU dari kita SEMUA.”

FAKTANYA ADALAH TIDAK ADA MURKA ALLAH DI MASA DEPAN TERHADAP CIPTAAN-NYA, SAMA SEKALI.

Kita semua familiar dengan Yesaya 53 (nubuat kematian dan kebangkitan Yesus, tahun 30 Masehi). Sementara Yesaya 54 berbicara mengenai peristiwa tahun 70 Masehi. Perhatikan bahwa murka Allah hanya untuk “sesaat lamanya” yakni hanya selama periode singkat dalam sejarah (penghancuran Yerusalem dan pemusnahan Taurat) sebaliknya kasih setia Allah adalah abadi. Perhatikan juga bahwa sumpah Allah adalah sumpah sepihak. Dengan kata lain Allah telah BERSUMPAH untuk tidak pernah berhubungan dengan Anda dengan murka-Nya! Melanggar sumpah-Nya sendiri bagi Allah sama artinya dengan berhenti menjadi Allah!!!!

Yesaya 54:8‭-‬10 New King James Version:
8″Dalam murka Aku telah menyembunyikan wajah-Ku terhadap engkau sesaat lamanya;
Tetapi dalam KASIH SETIA ABADI Aku telah MENGASIHANI engkau,”
Firman Tuhan, Penebusmu.
9″Hal ini bagai air bah pada zaman Nuh bagi-Ku;
Seperti Aku telah bersumpah,
Bahwa air bah seperti pada zaman Nuh tidak akan meliputi bumi lagi,
Demikianlah Aku TELAH BERSUMPAH bahwa Aku TIDAK AKAN MURKA terhadap engkau dan tidak akan menghardik engkau lagi.
10Sebab biarpun gunung-gunung beranjak dan bukit-bukit lenyap,
Tetapi kasih setia-Ku tidak akan beranjak dari padamu DEMIKIAN PULA PERJANJIAN DAMAI-KU TIDAK AKAN LENYAP,”
Firman Tuhan, yang mengasihani engkau.

Jadi tidak pernah ada momen saat Allah murka, marah, tersinggung, atau jauh dari Anda. Anda telah tenggelam dalam kasih kudus-Nya, yang telah ditetapkan oleh kasih karunia sejak sebelum dasar dunia ditegakkan. Itulah sebabnya Yesus berkata, “Percaya saja.”

Saat Natal kita bernyanyi, “Dia memerintah dunia dengan kebenaran dan KASIH KARUNIA.” Anda mempercayainya? Jauh di lubuk hati, Anda tahu itu benar.

Jadi tersenyumlah,… Allah mengasihi Anda!!!

Chuck Crisco: You Were Born Into Grace!; October 10, 2015.

http://www.anewdaydawning.com/blog-1/2015/10/10/you-were-born-into-grace

Advertisements