BENARKAH HANYA SEDIKIT YANG DISELAMATKAN?

image

Perspektif yang mengejutkan?!! Berdustakah Yesus ketika Ia mengatakan bahwa Injil hanya untuk segelintir orang?

Matius 7:13-14:
Masuklah melalui gerbang yang sempit itu, karena lebarlah gerbang dan luaslah jalan yang menuju kepada kebinasaan, dan banyak orang yang masuk melaluinya. Tetapi kecillah pintu dan sempitlah jalan yang menuju kepada kehidupan, dan SEDIKIT ORANG YANG MENEMUKANNYA.

Sedikit orang yang menemukannya?

Ayat ini tampaknya memberi warna masa depan penuh keputusasaan, bukan? Baru-baru ini seorang pria mengatakan di Facebook bahwa hanya ada sekitar 2% dari manusia di dunia yang benar-benar selamat dan bahwa Kitab Suci sendiri mengkonfirmasi “sedikit orang yang menemukannya.”

Apakah benar ini yang Yesus maksudkan? Kita didorong untuk memberitakan Injil sampai ke ujung bumi, tetapi pada saat yang sama hanya bisa mengharapkan hasil yang amat sedikit?

AYAT-AYAT YANG BERTENTANGAN?

Ijinkan bobot ayat-ayat yang luas, inklusif, dan luar biasa ini meresap ke dalam hati Anda. Biarkan ayat-ayat ini berbicara sendiri:

SEMUA bangsa yang Kaujadikan akan datang sujud menyembah di hadapan-Mu, ya Tuhan, dan akan memuliakan nama-Mu” (Mazmur 86:9 New King James Version).

Oh, Engkaulah yang mendengarkan doa. Kepada-Mulah datang SEMUA yang hidup” (Mazmur 65:3 New King James Version).

SEGALA ujung bumi akan mengingat dan BERBALIK kepada Tuhan; dan SEGALA kaum dari bangsa-bangsa akan sujud menyembah di hadapan-Nya” (Mazmur 22:28).

Berpalinglah kepada-Ku dan biarkanlah dirimu diselamatkan, hai SEMUA ujung-ujung bumi! Sebab Akulah Allah dan tidak ada yang lain. Demi Aku sendiri Aku telah BERSUMPAH; ucapan keluar dari mulut-Ku berisi kebenaran, dan tidak akan kembali, bahwa KEPADA-KU SETIAP lutut akan bertelut, SETIAP lidah akan bersumpah setia, dan berkata: “Di dalam Tuhan aku memiliki KEBENARAN dan kekuatan” (Yesaya 45:22‭-‬25 New King James Version).

Setiap ayat ini menunjukkan perbedaan dramatis dengan kata-kata Yesus di Matius 7 tadi. Jadi yang mana? Akankan nanti ada lutut yang bertelut, umat yang setia dan bangsa yang diselamatkan yang belum pernah terjadi sebelumnya? Ataukah hanya akan ada sedikit orang yang diselamatkan dalam sejarah? Apakah Yesus berdusta?

SIAPAKAH “SEDIKIT ORANG YANG MENEMUKANNYA”?

Sebenarnya apa yang Yesus maksudkan dengan “sedikit orang yang menemukannya”?

Ucapan Yesus ini memiliki rujukan sejarah-budaya. Beberapa orang cenderung mengabaikan Alkitab karena adanya kontradiksi ini, tetapi dengan pendalaman konteks sejarah maka kita akan memperoleh kejelasan mengenai ayat ini (dan ayat-ayat lainnya).

Yesus sedang merujuk kepada sisa-sisa Israel (the remnant) yang akan diselamatkan sebelum penghancuran final kota Yerusalem, bait, imamat dan seluruh sistem Yahudi. Hanya sedikit orang Yahudi yang akan selamat dibanding jumlah total bangsa itu. Inilah janji penuh pengharapan bahwa di tengah-tengah penghakiman terakhir atas bangsa itu (Ulangan 32) akan ada sisa-sisa (sedikit orang yang akan menemukan Injil, jalan yang sempit, dan pintu yang kecil).

Ada jalan menuju kebinasaan yang banyak orang tempuh dengan membunuh Yesus, nabi-nabi-Nya, dan orang-orang kudus-Nya (Matius 23:4-36), tetapi penghancuran yang akan datang atas angkatan tersebut bukannya tanpa harapan. Sisa-sisa (sedikit orang) akan diselamatkan dari bahwa malapetaka itu karena mempercayai Kristus dan melarikan diri dari Yerusalem ketika pasukan Romawi mendekat (Matius 24:17-22).

Sisa-sisa ini juga disebut sebagai “anak sulung” oleh Yakobus dan Yohanes, sementara Paulus mengutip ayat-ayat Perjanjian Lama untuk menyatakan bahwa sisa-sisa itu sudah digenapi pada zamannya. Bahkan, Roma 11 secara khusus mengutip ayat-ayat mengenai sisa-sisa yang berujung kepada deklarasi akbar bahwa “semua Israel” akan diselamatkan. Dengan cara bagaimana? Konteksnya mengungkapkan bahwa yang dimaksudkan “semua” adalah Israel sejati/true Israel (Roma 9:6-9), yang oleh iman menaruh percaya kepada Kristus (Galatia 3:7). “Semua Israel” yang Paulus maksudkan adalah sisa-sisa yang dijanjikan, bukan seluruh ras Israel:

Yesaya 1:9 New King James Version:
Seandainya Tuhan semesta alam tidak menyisakan sedikit saja ORANG YANG TERLEPAS, kita sudah menjadi seperti Sodom, dan sama seperti Gomora.”

Yesaya 37:31:
Dan ORANG-ORANG YANG TERLUPUT di antara kaum Yehuda, yaitu orang-orang yang masih tertinggal, akan berakar pula ke bawah dan menghasilkan buah ke atas.”

Yesaya 37:32 New King James Version:
Sebab dari Yerusalem akan keluar ORANG-ORANG YANG TERTINGGAL, dan mereka yang melarikan diri dari gunung Sion: giat cemburu Tuhan semesta alam akan melakukan hal ini.

Harap perhatikan secara khusus ayat berikut karena hampir identik dengan ayat di Yesaya di atas, yang darinya Petrus mengutip dan mengatakan hal itu sudah digenapi pada zamannya, pada hari Pentakosta:

Yoël 2:32:
Dan akan terjadi, barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan akan diselamatkan: sebab di gunung Sion dan di Yerusalem akan ada keselamatan, seperti yang telah difirmankan Tuhan, dan setiap ORANG YANG DIPANGGIL Tuhan akan termasuk orang-orang yang terlepas.”

Yesaya 11:11, 16 New King James Version:
Dan akan terjadi pada waktu itu Tuhan akan mengangkat kembali tangan-Nya. Untuk menebus SISA-SISA UMAT-Nya yang tertinggal, dari Asyur dan dari Mesir, dari Patros dan Kush, dari Elam dan Sinear, dari Hamat dan dari pulau-pulau di laut. … Akan ada jalan raya bagi SISA-SISA UMAT-Nya yang tertinggal di Asyur, seperti yang telah ada untuk Israel dahulu pada waktu mereka keluar dari tanah Mesir.”

Roma 9:27‭-‬29 New King James Version:
Dan Yesaya berseru tentang Israel: “Sekalipun jumlah anak Israel seperti pasir di laut, NAMUN HANYA SISANYA YANG AKAN DISELAMATKAN.
Sebab apa yang telah difirmankan-Nya, akan dilakukan Tuhan di atas bumi, sempurna dan segera.”
Dan seperti yang dikatakan Yesaya sebelumnya: “Seandainya Tuhan semesta alam tidak meninggalkan pada kita keturunan [SISA-SISA], kita sudah menjadi seperti Sodom dan sama seperti Gomora.

Roma 11:5 New King James Version:
Seperti dahulu, PADA WAKTU INI ada tinggal SUATU SISA, sesuai dengan pemilihan kasih karunia.”

Yakobus menyebut mereka “anak sulung,” sisa-sisa 12 suku yang diselamatkan pada angkatannya sebelum tibanya Hari Tuhan tahun 70 Masehi. Hanya ada satu anak sulung, sehingga 144.000 orang dari 12 suku itu adalah simbol dari “sedikit yang menemukannya.”

James 1:1, 18:
Salam dari Yakobus, hamba Allah dan Tuhan Yesus Kristus, kepada KEDUA BELAS SUKU di perantauan. … Atas kehendak-Nya sendiri Ia telah menjadikan kita oleh firman kebenaran, supaya kita pada tingkat yang tertentu menjadi ANAK SULUNG di antara semua ciptaan-Nya.”

Wahyu 14:4:
Mereka adalah orang-orang yang tidak mencemarkan dirinya dengan perempuan-perempuan, karena mereka murni sama seperti perawan. Mereka adalah orang-orang yang mengikuti Anak Domba itu ke mana saja Ia pergi. Mereka ditebus dari antara manusia sebagai KORBAN-KORBAN SULUNG bagi Allah dan bagi Anak Domba itu.

KESIMPULAN:

Oleh karena itu, kata-kata Yesus tentang orang banyak yang mengikuti jalan kehancuran dan hanya sedikit yang menemukan jalan dan gerbang sempit, secara historis adalah sisa-sisa orang perjanjian lama yang menaruh iman mereka dalam Kristus sebelum penghancuran kota Yerusalem dan keseluruhan sistem perjanjian lama.

Pengharapan kita akan siapa yang akan menerima Kristus adalah pengharapan yang luarbiasa! Beritakanlah, ajarlah dan bagikanlah terus kabar baik ini!

Chuck Crisco: Only A Few Will be Saved?; April 10, 2015.

http://www.anewdaydawning.com/blog-1/2015/4/10/did-jesus-lie-when-he-said-only-a-few-will-be-saved?rq=remnant

Advertisements