5 ALASAN TIDAK ADA LAGI MURKA YANG AKAN DATANG DI MASA DEPAN KITA

image

1. Ketika Yohanes Pembaptis berbicara tentang murka yang akan datang, yang ia maksudkan adalah yang akan datang SEGERA dan sudah begitu dekat sedekat kapak yang sudah tersedia pada akar pohon. Hal ini terjadi 40 tahun kemudian dalam penghancuran Yerusalem (lihat Maleakhi 4). Tidak mungkin diproyeksikan ke 2000 tahun kemudian.

2. Rasul Paulus menulis dalam Roma 4:15, “Karena hukum Taurat MEMBANGKITKAN MURKA, tetapi di mana tidak ada hukum Taurat, di situ tidak ada juga pelanggaran.” Artinya bukan sekedar “kita tidak berada di bawah hukum Taurat melainkan di bawah kasih karunia.” Hal ini memiliki arti yang lebih dalam. Hukum Taurat: segala perintah di dalamnya, imamatnya, aturan-aturannya, perayaan-perayaannya; semuanya dihancurkan oleh api pada tahun 70 Masehi. TIDAK ADA murka yang akan datang atas Amerika atau bangsa manapun saat ini karena sistem atau perjanjian hukum Taurat sudah TIDAK ADA. Amerika bukan Yahudi, juga tidak berada di sana saat hukum Taurat diberikan. Jika masih ada murka, berarti Allah telah mendirikan kembali sesuatu yang telah Ia musnahkan.

3. Tidak pernah disebutkan di bagian manapun dalam Alkitab mengenai murka Allah di masa depan KITA. Kitab Wahyu ditulis bagi orang percaya mula-mula pada masa MEREKA tentang penghancuran yang akan segera datang atas Yerusalem. Dengan demikian penghancuran Babel (Yerusalem, yaitu kota tempat Tuhan disalibkan, Wahyu 11:8) adalah pengumuman bahwa murka Allah sudah berakhir (Wahyu 15:1)! Dan satu-satunya alasan Allah bisa mendatangkan murka ITU adalah karena mereka berada di bawah HUKUM TAURAT. Tidak ada hukum Taurat, menurut Paulus, tidak ada murka.

4. Tidak ada ayat dalam Alkitab yang mengatakan Allah mencurahkan seluruh murka-Nya kepada Yesus di kayu salib. Sebaliknya, Alkitab menunjukkan bahwa manusialah yang membunuh-Nya. Lihat Mazmur 22. Lihat juga Yesaya 53 New King James Version:

3Ia dihina dan ditolak orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan;
ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi KITA pun dia tidak masuk hitungan.
4Tetapi sesungguhnya, penyakit KITAlah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan KITA yang dipikulnya,
NAMUN KITA MENGIRA DIA KENA TULAH, DIHAJAR DAN DITINDAS OLEH ALLAH.

Kemudian, pada pasal berikutnya (Yesaya 54:7-10 New King James Version), Allah menyatakan murka adalah apa yang Israel akan terima,

Untuk sesaat lamanya Aku meninggalkan engkau, tetapi karena kasih sayang yang besar Aku mengambil engkau kembali.
Dalam sedikit MURKA Aku telah menyembunyikan wajah-Ku terhadap ENGKAU [Israel] untuk sesaat;
Tetapi dalam KASIH SETIA YANG ABADI Aku telah mengasihani engkau,”
firman Tuhan, Penebusmu.
“Keadaan ini SEPERTI AIR BAH PADA ZAMAN NUH BAGI-KU:
Seperti Aku telah bersumpah bahwa air bah zaman Nuh tidak akan meliputi bumi lagi,
demikianlah Aku BERSUMPAH BAHWA AKU TIDAK AKAN MURKA TERHADAP ENGKAU ATAU MENGHARDIKMU LAGI.
Walau gunung-gunung beranjak
dan bukit-bukit berpindah,
Tetapi KASIH SETIA-KU TIDAK AKAN BERANJAK DARIMU DAN PERJANJIAN DAMAI-KU TIDAK AKAN BERPINDAH”
firman Tuhan, yang mengasihani engkau.

Semua ini digenapi antara tahun 30 hingga 70 Masehi yang berpuncak pada penghancuran Yerusalem, akhir murka (sesaat) Allah.

5. Apakah ini berarti Allah yang dinyatakan dalam Yesus berbeda dengan Allah yang dinyatakan dalam Alkitab Ibrani? Tidak. Murka ini mengungkapkan bahwa MANUSIA-lah yang telah memilih untuk berhubungan dengan Allah dalam dua cara, sejak peristiwa Taman Eden … pohon kehidupan, atau pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat. Melakukan yang baik dan menghindari yang jahat dan Anda akan menjadi seperti Allah adalah apa yang manusia pilih (saat diperdaya ular). Dan manusia kembali membuat pilihan yang sama sehingga hukum Taurat diberikan (lakukan yang baik dan Aku akan memberkati kamu, berdosa maka Aku akan mengutukmu). Tauratlah yang mendatangkan murka, dan dengan menolak Yesus dan membunuh orang-orang kudus, seluruh tuntutan keadilan Taurat ditimpakan atas satu angkatan pada tahun 70 Masehi saat Allah menghapus perjanjian Taurat selamanya. (Dapatkah Anda tunjukkan kepada saya di mana tabut perjanjian berada? Dapatkah Anda tunjukkan kepada saya di mana loh batu? Dapatkah Anda membuktikan bahwa Anda berasal dari imamat Lewi sementara catatan silsilah imam telah habis terbakar ketika Bait Allah dihancurkan?)

(Ada sebuah artikel keren tentang mengapa Taurat diberikan kepada bangsa Israel, berjudul ‘Bagaimana Hukum Taurat Menciptakan Allah dalam Pikiran Kita’ atau artikel aslinya http://www.anewdaydawning.com/blog-1/2015/9/10/how-the-law-created-god-in-our-image)

Dengan kata lain, Yesus menghancurkan metode MANUSIA untuk berhubungan dengan Allah melalui usaha mandiri dan pencapaian manusia, yang semuanya berasal dari peristiwa Taman Eden. Yesus juga menghakimi semua kejahatan penumpahan darah pada tahun 70 Masehi.

Matius 23:34-36:
34Sebab itu, lihatlah, Aku mengutus kepadamu nabi-nabi, orang-orang bijaksana dan ahli-ahli Taurat: separuh di antara mereka akan kamu bunuh dan kamu salibkan, yang lain akan kamu sesah di rumah-rumah ibadatmu dan kamu aniaya dari kota ke kota, 35supaya kamu menanggung akibat penumpahan darah orang yang tidak bersalah mulai dari Habel, orang benar itu, sampai kepada Zakharia anak Berekhya, yang kamu bunuh di antara tempat kudus dan mezbah. 36Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya semuanya ini akan ditanggung angkatan INI!”

Dengan belas kasihan yang besar Yesus memohon kepada angkatan-Nya untuk menyelaraskan diri dengan kasih karunia dan perjanjian yang baru, meninggalkan sistem hukum Taurat yang akan dihancurkan. Ini seperti sudah diberitahu berulang kali bahwa tornado menuju tepat ke rumah saya, tapi saya terus mengabaikan.

Masih banyak lagi yang ingin saya sampaikan, dan di artikel singkat ini saya tidak mungkin bisa menjelaskan sepenuhnya sekaligus. Dengan rendah hati saya meminta Anda untuk merenungkan apa yang telah kita bahas di sini. Apakah yang saya sampaikan ini benar? Saya percaya demikian. Biarkan kebenaran ini meresap ke dalam hati Anda dan nantikanlah Allah berbicara kepada Anda mengenainya.

Chuck Crisco: 5 Reasons There is No Coming Wrath on Our World; December 19, 2014

http://www.anewdaydawning.com/blog-1/2014/12/19/5-reasons-why-the-wrath-of-god-is-not-in-our-future

Advertisements