IDENTITAS KITA ADALAH PERKENANAN

image

Yesus makin bertambah besar dan makin dikenan oleh Allah dan manusia. Dan sekarang kita memiliki kesempatan untuk mengalami hal yang sama.

Anda tidak menjadi manusia baru dengan mengubah perilaku Anda. Anda fokus kepada siapa sejatinya Anda di dalam Kristus dan berperilaku sesuai identitas itu! Pewahyuan tentang identitas baru dan “posisi tinggi” adalah dasar pertahanan kita melawan segala sesuatu yang negatif dalam hidup kita. Bapa dengan penuh sukacita dan penuh cinta memerangi semua negativitas kita. Yang harus kita lakukan semata hanyalah memilih di pihak mana kita berdiri.

Iman ini, bila digabungkan dengan cinta kasih dan kasih karunia, mengangkat hati kita di atas segala negativitas, segala ujian-cobaan, segala peperangan dan tekanan hidup, sehingga kita bisa melihat sifat Allah hadir bagi kita dalam segala hal.

Bapa dengan penuh sukacita berkewajiban terhadap Anak-Nya untuk memberikan kepada Anda posisi yang tinggi “karena” Anda ada di dalam Kristus. Perkenanan ini memungkinkan Anda menemukan siapa Anda sesungguhnya sebagaimana Allah melihat Anda – membuka jalan untuk mengalami perkenanan yang lebih besar.

Ingat. Yesus yang tinggal dan hidup di dalam Anda memiliki perkenanan penuh Allah di dalam diri-Nya. Kehadiran-Nya di dalam Anda melepaskan kelimpahan kebaikan, kepercayaan dan keyakinan yang sama!

TINGGALLAH TENANG DALAM KASIH DAN KEBAIKAN ALLAH – PERKENANAN-NYA ADA DI ATAS ANDA.

Mintalah kepada Roh Kudus yang indah, Penolong Anda, untuk membuka mata hati Anda. Kita berlatih untuk melihat diri kita sendiri, dalam Yesus, sebagai orang yang dikenan. Hal ini sungguh memerdekakan. Penuh kedamaian. Penuh sukacita.

Anda sangat dikasihi. Anda milik-Nya, kini jadilah terpikat oleh-Nya. Itulah perjalanan Anda bertumbuh dalam perkenanan. Untuk mempraktikkan kasih, terlebih dahulu Anda harus tahu bahwa Anda sangat dikasihi. Untuk mempraktikkan perkenanan, terlebih dahulu Anda harus tahu bahwa Anda dikenan.

JANGAN HABISKAN ENERGI ANDA BERURUSAN DENGAN SESUATU YANG NEGATIF, PADAHAL ANDA BISA MEMPRAKTIKKAN HIDUP BAGI ALLAH – DALAM PERKENANAN YANG SEMAKIN BESAR.

Contohnya tentang rasa marah. Alih-alih mengatakan, “Aku benar-benar perlu mengatasi masalah kemarahanku,” Anda dapat memikirkan apa yang bisa menggantikan rasa marah [yang kepadanya Anda sudah mati di dalam Kristus] dan mulai fokus kepada aspek tertentu sifat Allah. Respon Anda kemudian menjadi: “Terima kasih Tuhan! Roh Kudus sedang mengajar dan memimpin aku kepada kelemahlembutan dan menghasilkan buah Roh dalam diriku.”

Bagaimana jika masalah sebenarnya bukanlah Anda menampilkan kemarahan? Bagaimana jika masalah sebenarnya adalah Anda sedang melawan kasih karunia untuk menjadi lemah lembut?

Anda menjadi manusia baru bukan dengan mengubah perilaku Anda (misalnya dengan berhenti marah!) …tetapi dengan fokus kepada siapa Anda sesungguhnya di dalam Yesus dan bertindak sesuai dengan kebenaran itu.

PERKENANAN MEMUNGKINKAN KITA UNTUK BERPERANG DARI POSISI MENANG, BUKAN BERPERANG UNTUK MERAIH KEMENANGAN.

Ini menciptakan sebuah ruang dalam situasi kita untuk berhenti sejenak, menguatkan diri dan bergerak menuju kemerdekaan pikiran dan keyakinan yang lahir dari pemahaman tentang siapa kita sebenarnya di dalam Kristus.

Sebagai latihan, bacalah 2 Raja-raja 6:8-19. Ini adalah kisah dua orang dalam situasi yang sama tetapi menghadapinya dengan dua perspektif yang sangat berbeda. Yang satu hanya bisa melihat masalah dan dikalahkan oleh negativitas. Yang lain hanya melihat keagungan Allah dan mampu masuk ke dalam kemerdekaan dan kelimpahan. Dalam peristiwa ini, keduanya mencerminkan konteks Perjanjian Baru mengenai manusia lama dan manusia baru.

Perkenanan ditumbuhkan dalam sukacita. Bersukacita, bersyukur menggerakkan kita dari kelemahan kita kepada kekuatan, dan menciptakan suatu tempat bagi berkat dan pembaharuan.

Yesus memiliki semua perkenanan yang Anda butuhkan! Percayalah. Praktikkanlah. Dan saat itu Anda lakukan, Anda akan bertumbuh di dalamnya.

Graham Cooke: Our Identity is Favor; July 28, 2016.

http://brilliantperspectives.com/Our-identity-is-favor/

Advertisements