PERCAYA SAJA! MARKUS 5:36

image

Izinkan saya mengajukan sebuah pertanyaan: Apa peranan Anda saat Yesus dibangkitkan dari antara orang mati, memisahkan Dia dari dosa-dosa kita? Apa peranan Anda saat Dia dilepaskan dari “sengsara maut” (Kisah Para Rasul 2:24)? Apa yang telah Anda lakukan untuk menyatakan Yesus dibenarkan (1 Timotius 3:16) setelah menghapuskan semua dosa kita? Siapakah yang telah menyatakan Yesus kudus, Anda atau Roh Kudus (Roma 1:4)? Peranan apa yang Anda mainkan dalam membuka tempat kudus di sorga sehingga Anak bisa diterima? Atau itu semua benar-benar pekerjaan Allah? Kemenangan Allah?

Ada alasan Yesus berkata, “Percaya saja!” Saja adalah sebuah pembatasan/limitasi. Dia tidak membutuhkan bantuan Anda. Bapa sudah menyelamatkan Anak-Nya dari semua itu, jadi Dia tidak memerlukan bantuan Anda.

Bahkan, Allah sudah menyertakan Anda dalam kematian, penguburan dan kebangkitan Kristus sebelum Anda bisa memutuskan. Dia sudah menyertakan Anda dalam pekerjaan Kristus bahkan sebelum dasar dunia diletakkan. 2 Korintus 5:14 New King James Version mengatakan, “Jika Kristus sudah mati untuk semua orang, maka semua orang sudah mati.” Perhatikan juga Roma 4:25 Young’s Literal Translation, “Yang telah diserahkan karena pelanggaran kita, dan yang telah dibangkitkan karena kita telah dinyatakan benar [righteous].”

Anda lihat? Menurut Kitab Suci, dengan memperhitungkan Anda di dalam Anak Manusia, Allah Tritunggal menyelenggarakan karya keselamatan kita tanpa bantuan dari siapapun. Ia “melintasi dan memeriksa.. tetapi tidak dapat menemui seorang pun yang melakukan keadilan dan yang mencari kebenaran” (lihat Yeremia 5:1). Itulah sebabnya 2 Korintus 5:18 New Living Translation mengatakan, “Dan semuanya ini adalah anugerah dari Allah, yang telah mendamaikan kita dengan diri-Nya dengan perantaraan Kristus …”

Yang Ia inginkan dari Anda adalah agar Anda menyelaraskan diri dengan apa yang Dia lakukan bagi Kristus dengan mempercayainya, sehingga dengan demikian Anda akan mulai mengalami kemenangan Anak!!! Dari sisi kita, kita mengalami pengalaman DISELAMATKAN. Allah tidak membuat perjanjian dengan Anda karena Ia tahu Anda pasti akan gagal dan gagal lagi. Allah membuat perjanjian dengan Yesus dan Anda yang mendapatkan manfaatnya, KEMENANGAN-NYA.

Percaya saja. Yesuslah sorga terbuka atas hidup Anda. Tidak ada doa yang mampu membuka sorga untuk Anda. Sorga sudah terbuka sehingga Anda dapat berdoa. Dia sudah membuka pintu (Wahyu 3) dan membiarkannya terbuka bagi Anda. Yesaya berseru, “Kiranya Engkau mengoyakkan langit dan turun” (Yesaya 64:1 New King James Version), jadi Dia melakukannya. Dia membuka langit atas Yesus dan mengatakan, “Inilah Anak-Ku yang Kukasihi,” dan tirai itu terkoyak selamanya.

Bagaimana jika saya benar-benar percaya ada sorga yang terbuka atas hidup saya sepanjang waktu karena saya didudukkan di sorga bersama Kristus? Saya TIDAK AKAN PERNAH PERLU LAGI berdoa meminta sorga terbuka! Yesuslah SORGA TERBUKA ATAS SAYA! Yesus berkata, “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia” (Yohanes 1:51).

Itu artinya saya TIDAK AKAN PERNAH membiarkan atmosfir rohani yang bagaimanapun atau roh jahat manapun mempengaruhi keterhubungan saya dengan Allah! Saya akan pergi kemana saja SEBAGAI saluran berkat. Sayalah orang yang mengubah atmosfer di sekeliling saya karena saya sadar ada sorga terbuka atas hidup saya. Saya jadi sadar-Allah (God-conscious), bukan lagi sadar-diri (self-conscious)! Saya tidak akan bertanya-tanya lagi apakah saya akan berhasil ketika berdoa untuk seseorang, karena bukan saya sorga yang terbuka, Yesuslah sorga terbuka atas hidup saya.

Mengapa kita berusaha demikian keras mencari metode-metode baru padahal pesan perjanjian baru adalah YESUSlah metodenya!? Seandainya saja kita mencurahkan waktu kita untuk percaya sebanyak yang kita curahkan untuk kuatir dan takut, kita akan terkejut melihat hasilnya.

BEGITU MUDAH.

Meskipun begitu, kita tidak boleh lupa bahwa kita bahkan bukanlah ‘pencipta’ iman kita [the author of our faith]! Allah Tritunggal-lah pencipta iman kita:

Yesus:
Dengan mata yang tertuju kepada Yesus, PENCIPTA [THE AUTHOR] dan PENYEMPURNA [THE FINISHER] iman kita” (Ibrani 12:2).

Bapa:
Sekelompok orang bertanya kepada Yesus apakah yang harus mereka perbuat supaya mereka mengerjakan pekerjaan yang dikehendaki Allah, dan dalam Yohanes 6:29 God’s Word Translation Yesus menjawab “ALLAH ingin melakukan sesuatu bagi kamu supaya KAMU PERCAYA kepada Dia yang telah diutus Allah.”

Roh Kudus:
2 Korintus 4:13, “Dan karena kami memiliki ROH IMAN [SPIRIT of FAITH] yang sama, seperti ada tertulis: “Aku percaya, sebab itu aku berkata-kata”, maka kami juga percaya dan sebab itu kami juga berkata-kata.

Galatia 5:22, “Tetapi buah ROH ialah kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, IMAN (FAITH) …”

Yang kita perlukan kemudian hanyalah membuka hati dan mengijinkan Allah menunjukkan kebaikan-Nya kepada kita sehingga kita bisa bertumbuh dalam iman percaya, bahkan lebih lagi. Percaya saja, dan itu akan mengubah setiap area dalam hidup Anda.

Chuck Crisco: Only Believe; June 4, 2015.

http://www.anewdaydawning.com/blog-1/2015/6/4/only-believe

Advertisements