APA YANG BENAR-BENAR MENDUKAKAN ROH KUDUS?

image

Suatu hari istri saya mengajukan pertanyaan tersebut. Efesus 4:30 mengatakan, “Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan.”

Jika Allah selalu dalam suasana hati yang baik terhadap saya karena karya Kristus dan pelayanan-Nya yang senantiasa menjadi Imam Besar bagi saya, lalu bagaimana bisa Dia berduka? Sangat menarik untuk direnungkan bahwa satu-satunya referensi mengenai Allah berduka karena orang percaya hanyalah pada ayat ini.
Ada orang yang mengatakan bahwa Allah berduka karena dosa dan kegagalan kita mematuhi Dia. Tetapi jika Anda melihat konteksnya, seperti dalam tulisan-tulisan Paulus lainnya, ia sedang meluangkan waktu untuk memberikan daftar singkat implikasi arti hidup dalam identitas perjanjian baru “berada di dalam Kristus” atau bersatu dengan Dia sebagai “manusia baru.” Kesatuan kita dengan Kristus akan menghasilkan perilaku tertentu, dari dalam ke luar. Jadi Paulus berbicara tentang seperti apa manusia baru itu terlihat.

Kemudian dia membuat pernyataan tentang mendukakan Roh. Apa artinya ini? Bacalah keseluruhan kalimat. Ini adalah respon Roh Allah ketika kita -dalam ketidakpercayaan kita- mencoba membatalkan apa yang telah dilakukan-Nya bagi kita lewat karya penebusan. Setelah keselamatan, karya salib dan kebangkitan yang luar biasa ini … setelah Yesus duduk di sorga dan kita telah disatukan dengan Dia … maka mencoba membatalkan kebaikan yang sangat besar yang ditampilkan dalam Injil adalah satu-satunya hal yang mendukakan Dia! Ini sama saja dengan melawan semua karya Injil dalam kehidupan kita.

Itu tidak berarti Paulus mendukung dosa. Paulus mendukung solusi untuk dosa.

Jadi apa yang harus Anda lakukan?

Percaya!

Terima utuh cinta kasih-Nya. Katakan ya, bagi ya-Nya untuk pengampunan Anda. Ucapkan syukur karena Ia telah membeli hidup Anda dengan darah-Nya. Sepakatlah dengan fakta bahwa segala berkat rohani di sorga telah diberikan kepada Anda. Hiduplah dalam kebenaran ini: Anda telah diangkat menjadi anak-Nya, telah diterima di dalam Dia yang dikasihi-Nya, dan diampuni atas setiap dosa -masa lalu, masa kini dan masa depan- selamanya, oleh satu korban tunggal!

Allah akan benar-benar senang jika Anda melakukannya!

Chuck Crisco: What Really Grieves the Holy Spirit?; January 5, 2015

http://www.anewdaydawning.com/blog-1/2015/1/5/what-really-grieves-the-holy-spirit

Advertisements