ROH SINGA, ROH HARIMAU, ROH-ROH TERITORIAL… YA AMPUN!

image

Saya telah mendengar banyak pengajaran selama bertahun-tahun ini. Khusus pada dekade terakhir ini, terdapat sebuah gerakan yang sangat berfokus kepada “peperangan rohani” (spiritual warfare).

Saya bersyukur gerakan ini telah menciptakan kesadaran terhadap alam spiritual, setan dan roh-roh jahat. Banyak orang Kristen bahkan nyaris tidak percaya setan itu ada dan perlu mendapatkan penyadaran. Jadi dalam banyak hal gerakan ini merupakan sesuatu yang baik.

Di sisi lain, terdapat kelemahan dalam gerakan ini. Kelemahan utama yang saya perhatikan adalah bahwa ada orang-orang yang terlibat gerakan ini yang tidak mendasarkan identitas dan kuasa/otoritas mereka dalam Kristus. Jika saya berkesempatan untuk berbicara kepada Tubuh Kristus, saya akan menekankan pentingnya identitas dan otoritas sebelum pergi mengikuti peperangan selanjutnya.

image

Poin-poin berikut tampaknya menghilang dari pengajaran tentang peperangan rohani yang banyak beredar:

• Yesus telah mengalahkan setan/Iblis di kayu salib (Kolose 2:15).

• Setan sudah tidak berdaya (Ibrani 2:14).

• Setan terus berdusta dan memiliki kuasa HANYA jika kita memberinya kuasa saat kita sepakat dengannya.

• Yesus memiliki semua kuasa/otoritas (Matius 28:18).

• Kita ada di dalam Yesus (Yohanes 15).

• Oleh karena itu, kita memiliki otoritas atas Iblis (Matius 10:1).

Jika kita memahami kebenaran ini, aplikasi praktis peperangan rohani kita akan berubah. Kita tidak lagi berpikir kita berperang untuk meraih kemenangan. Berperang demi meraih kemenangan berarti kita hidup di sisi yang keliru dari salib. Sebaliknya, kita harus memulai dari kemenangan Kristus.

Memulai dari kemenangan Kristus, memiliki pemahaman yang kokoh tentang identitas kita di dalam Kristus, dan otoritas yang menyertainya, akan menciptakan pasukan ksatria supernatural yang gagah perkasa. Orang-orang yang tidak merasa takut dan tidak percaya takhayul, orang-orang yang berani pergi ke manapun, bersama siapapun dan memancarkan cahaya Kristus di manapun!

Saya yakin inilah saatnya mengurangi buku-buku tentang peperangan rohani; inilah saatnya memperbanyak pengajaran yang benar, jernih dan jelas tentang kemenangan Kristus atas Iblis; inilah saatnya memperbanyak buku tentang identitas dan otoritas kita di dalam Kristus.

Sekedar pemikiran,

Jonathan Welton

Jonathan Welton: Lions, Tigers, And Territorial Spirits… Oh My!; March 14, 2013.

https://weltonacademy.com/blogs/jonathanwelton/50136385-lions-tigers-and-territorial-spirits-oh-my

Advertisements