UBAH CARA BERPIKIR ANDA, UBAH HIDUP ANDA

image

Dalam gaya hidup Kerajaan, kita tidak berurusan dengan hal-hal negatif. Kita abaikan saja hal-hal itu karena Yesus telah mengurusinya.

Dia telah membuang hal-hal negatif itu sejauh-jauhnya dan tidak seorangpun anggota Tritunggal yang bakal membawanya kembali. Namun, kadang kita sendiri yang membawa hal-hal negatif itu kembali.

Kunci gaya hidup Kerajaan adalah belajar bagaimana membalik saklar dalam pikiran kita supaya hidup kita sejalan dengan apa yang telah Allah janjikan.

Kita terbiasa memandang diri kita sebagaimana dunia memandang kita. Tetapi di dalam Kristus, berlaku persepsi, perspektif, dan aturan yang berbeda.

Saat membaca membaca Khotbah di Bukit Zaitun, Anda akan temukan Yesus beberapa kali mengatakan, “Kamu telah mendengar yang difirmankan kepada nenek moyang kita: … Tetapi Aku berkata kepadamu: …” Kalimat ini adalah cara-Nya mengatakan “BALIKKAN SAKLARNYA!”

Yesus sedang menyoroti apa yang telah diajarkan kepada kita dan cara berpikir kita yang sesuai standar dunia dan agama. Dia sedang menantang paradigma dan keyakinan kita yang secara halus namun pasti telah mengikat kita. Dan Dia berkata, “Kami tidak pernah mengatakan demikian. Inilah yang sesungguhnya Kami maksudkan. Mari Kutunjukkan kepadamu bagaimana gaya hidup di Kerajaan Bapa-Ku.”

Sebagian besar kita masih dalam proses membalik saklar ini. Kita mempelajari sesuatu dan menanggalkan sesuatu, menggantikan apa yang sebelumnya kita pikir sebagai kebenaran dengan kebenaran Kerajaan-Nya.

Ini seperti membalik saklar lampu ketika Anda memasuki sebuah ruangan gelap. Inilah persisnya yang kebenaran-Nya lakukan, yakni membawa kita kepada terang cahaya-Nya sehingga kita dapat mengalami kehidupan-Nya lebih banyak lagi. Bukankah sering kita berkata: “Nah sudah jelas, sekarang aku paham”? Ini adalah pengalaman luar biasa -sebuah efifani, pencerahan- yang mengubah cara berpikir kita dan memperbaharui pikiran kita. Terang itu memperluas persepsi kita dan memberi kita lensa baru untuk melihat.

Begitu saklar dibalik dan terang-Nya menerangi, kita bisa melihat sesuatu dari sudat pandang atau perspektif-Nya. Kita langsung terhubung dengan kebenaran yang selalu memerdekakan kita, melepaskan berkat dan janji-janji dalam hidup kita.

Berikut adalah salah satu cara sederhana untuk membalik saklar dari hari ke hari.

Anda tidak dapat memiliki hal negatif dalam hidup Anda tanpa hal sebaliknya juga berada di sana.

Jadi, ketika Anda dilanda pikiran atau perasaan negatif, berhentilah sejenak dan tanyakan kepada Roh Kudus apa kebalikan dari hal negatif yang sedang melanda Anda itu. Begitu jawaban Roh Kudus muncul dalam pikiran Anda, pikirkanlah hal itu setidaknya selama satu menit. Cukup dengan “berdiam dalam sesuatu yang murni dan suci” dan POSITIF, Anda secara efektif sedang membalik saklar.

Graham Cooke: Change Your Thinking, Change Your Life; January 12, 2017.

http://brilliantperspectives.com/change-thinking-change-life/

Advertisements