GADIS-GADIS YANG BIJAKSANA DAN GADIS-GADIS YANG BODOH: SEBUAH KONTEKS HISTORIS


Sangatlah penting bagi kita memiliki eskatologi yang benar. Perumpamaan tentang 10 gadis BUKAN tentang memiliki lebih banyak atau lebih sedikit Roh Kudus saat pengangkatan tiba.

Perumpamaan ini muncul dalam rangkaian peristiwa yang Yesus bicarakan dalam Matius 24.

Yesus telah memperingatkan orang-orang Yahudi pada zaman-Nya (angkatan-Nya) tentang penyerangan tentara Romawi. Dia mengingatkan tentang kekejian yang mendatangkan kebinasaan.

Lukas menulis catatan tentang hal ini.

“Apabila kamu melihat Yerusalem dikepung oleh tentara-tentara, ketahuilah, bahwa keruntuhannya sudah dekat. Pada waktu itu orang-orang yang berada di Yudea harus melarikan diri ke pegunungan, dan orang-orang yang berada di dalam kota harus mengungsi, dan orang-orang yang berada di pedusunan jangan masuk lagi ke dalam kota.
(Lukas 21:20‭-‬21)

Dalam catatan sejarah Anda dapat membaca bahwa Titus sang jenderal Romawi dikirim untuk menaklukkan Yerusalem, mengepung kota itu sebelum menghancurkannya.

Dia harus mengepungnya lebih dulu karena tidak dapat menyerang langsung untuk menembus tembok Yerusalem yang berdiri kokoh.

Perumpamaan 10 gadis adalah peringatan untuk meninggalkan Yerusalem sebelum pengepungan itu terjadi. Mereka yang tidak mengindahkan peringatan Yesus akan terjebak dalam pengepungan dan tidak akan dapat meninggalkan Yerusalem.

Mereka akan terperangkap dalam kesusahan besar dan akhirnya dihancurkan dan dibakar hidup-hidup.
Pintu yang tertutup mengacu pada pengepungan. Bukan tentang gagal masuk Sorga. Tetapi tentang meninggalkan Yerusalem.

Bukan pula tentang Roh Kudus akan meninggalkan Anda. Dia tidak akan pernah meninggalkan Anda. Tidak akan pernah membiarkan Anda.

Semoga Anda menemukan ketenangan dalam salah satu perumpamaan yang diberitakan dengan cara paling membingungkan sepanjang masa.
Simon Yap: The 10 Virgins: A Historical Context; July 29, 2015.
https://hischarisisenough.wordpress.com/2015/07/29/the-10-virgins-a-historical-context/

Advertisements