PENYEMBAHAN DI BAWAH KASIH KARUNIA (PERSEMBAHAN YANG HIDUP)

Roma 12:1-2

Persembahan yang benar
Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati. Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Banyak dari kita telah salah memahami ayat-ayat ini dan diajar bahwa kita harus menjauhkan dan memisahkan diri dari dunia. Sekarang coba pikir, untuk apa Paulus melakukan itu? Dia baru menulis sepanjang 11 pasal untuk menjelaskan kepada Anda bahwa perbuatan tidak akan membawa Anda lebih dekat kepada Allah atau keselamatan Anda.
Jawabannya sederhana. Kata ‘dunia’ pada ayat 2 bukanlah seluruh dunia. Tetapi bermakna ‘zaman’ (age). Anda dapat melihatnya dalam Amplified Bible.


Jadi yang Paulus maksudkan adalah “Janganlah menjadi serupa dengan ZAMAN ini.” Zaman yang ia bicarakan adalah yang ia bahas dalam Roma 1-11.
Zaman hukum Taurat.
Yang Paulus sampaikan adalah bahwa di bawah hukum Taurat korban dipersembahkan di Bait di Yerusalem karena Allah berdiam di sana.
Sementara pada saat ayat ini dituliskan, Allah sedang membangun bait yang baru dengan kita sebagai batu-batu yang hidup. Dia membangun kita di atas Yesus sebagai batu penjuru kita.
Demikianlah Allah membuat kita sebagai bait-Nya yang baru. Demikianlah cara kita memperbaharui akal budi kita. Bahwa persembahan korban telah berakhir. Kitalah Bait Allah yang baru. Kitalah kediaman-Nya. Begitulah cara kita menyembah sekarang.
Kita adalah imamat yang rajani.
Dengan menjadi kediaman-Nya dan menjadi imamat-Nya yang rajani kita menjadi persembahan yang benar, yang hidup. Kita menyembah dengan menjadi bait-Nya.

Simon Yap: How to Worship Under Grace; August 9, 2015.

https://hischarisisenough.wordpress.com/2015/08/09/how-to-worship-under-grace/

Advertisements