MEMAHAMI WAHYU 20: IBLIS DAN LAUTAN API

Saya yakin Tuhan ingin kita menguji apapun yang telah diajarkan kepada kita. Saya yakin beberapa dari Anda ingat bahwa saya pernah menulis tentang Wahyu sebagai nubuat yang telah digenapi.

Saya berpendapat ketika Kitab Wahyu berbicara tentang Iblis dan malaikat-malaikatnya dilemparkan ke dalam lautan api, itu tidak bermakna harfiah.

Ada beberapa hal yang harus Anda pahami sebelum Anda mengatakan saya salah.

1. Tahukah Anda bahwa Musa tidak bertemu dengan Allah di semak duri yang terbakar, tetapi dengan malaikat?

Kisah Para Rasul 7:35

Musa ini, yang telah mereka tolak, dengan mengatakan: Siapakah yang mengangkat engkau menjadi pemimpin dan hakim? — Musa ini juga telah diutus oleh Allah sebagai pemimpin dan penyelamat oleh malaikat, yang telah menampakkan diri kepadanya di semak duri itu.


2. Tahukah Anda hukum Taurat diberikan kepada Musa oleh malaikat-malaikat?

Kisah Para Rasul 7:53

Kamu telah menerima hukum Taurat yang disampaikan oleh malaikat-malaikat, akan tetapi kamu tidak menurutinya.


3. Tahukah Anda di Gunung Sinai, orang Yahudi ditempatkan di bawah pemerintahan malaikat-malaikat?

Ibrani 2:2

Sebab kalau firman yang dikatakan dengan perantaraan malaikat-malaikat tetap berlaku, dan setiap pelanggaran dan ketidaktaatan mendapat balasan yang setimpal,

Ibrani 2:7

Namun Engkau telah membuatnya untuk waktu yang singkat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat, dan telah memahkotainya dengan kemuliaan dan hormat,


4. Tahukah Anda ibadah di Bait Suci oleh Paulus disebut sebagai ibadah kepada malaikat?

Kolose 2:17-18

semuanya ini hanyalah bayangan dari apa yang harus datang, sedang wujudnya ialah Kristus. Janganlah kamu biarkan kemenanganmu digagalkan oleh orang yang pura-pura merendahkan diri dan beribadah kepada malaikat, serta berkanjang pada penglihatan-penglihatan dan tanpa alasan membesar-besarkan diri oleh pikirannya yang duniawi,

5. Yohanes mengatakan bahwa Yesus menyatakan diri-Nya untuk membinasakan perbuatan-perbuatan Iblis. Tahukah Anda yang sebenarnya Yesus binasakan adalah perjanjian lama (old covenant) dan ibadah di Bait Suci? Tahukah Anda ketika Dia kembali pada tahun 70 Masehi, yang dihancurkan-Nya adalah Yerusalem dan Bait Suci? Tahukah Anda bahwa yang sebenarnya Dia hancurkan adalah hukum Taurat?

1 Yohanes 3: 8

barangsiapa yang tetap berbuat dosa, berasal dari Iblis, sebab Iblis berbuat dosa dari mulanya. Untuk inilah Anak Allah menyatakan diri-Nya, yaitu supaya Ia membinasakan perbuatan-perbuatan Iblis itu.

Matius 5:18

Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titik pun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.

Matius 24:35

Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu.


6. Tahukah Anda bahwa Bait Suci terletak di puncak sebuah gunung di Yerusalem?


7. Tahukah Anda bahwa Paulus menyebut gunung itu sebagai Sinai?

Galatia 4:25

Hagar ialah gunung Sinai di tanah Arab — dan ia sama dengan Yerusalem yang sekarang, karena ia hidup dalam perhambaan dengan anak-anaknya.


8. Tahukah Anda bahwa Yesus mengatakan Yerusalem akan tercampak ke dalam laut jika Anda memiliki iman?

Matius 21:21

Yesus menjawab mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu percaya dan tidak bimbang, kamu bukan saja akan dapat berbuat apa yang Kuperbuat dengan pohon ara itu, tetapi juga jikalau kamu berkata kepada gunung ini: Beranjaklah dan tercampaklah ke dalam laut! hal itu akan terjadi.


9. Tahukah Anda dalam Wahyu 8 Yohanes melihat Bait Suci Yerusalem yang menyala-nyala oleh api dilemparkan ke dalam laut?

Wahyu 8: 8

Lalu malaikat yang kedua meniup sangkakalanya dan ada sesuatu seperti gunung besar, yang menyala-nyala oleh api, dilemparkan ke dalam laut. Dan sepertiga dari laut itu menjadi darah,


10. Tahukah Anda bahwa ketika Yesus menyebut tentang ulat-ulat bangkai tidak mati dan api tidak padam, Dia sedang merujuk kepada penghancuran Yerusalem dan Bait Suci, bukan neraka?

Markus 9:48

di mana ulat-ulat bangkai tidak mati dan api tidak padam.

Sekarang lihat ini.

Yesaya 66:24

Mereka akan keluar dan akan memandangi bangkai orang-orang yang telah memberontak kepada-Ku. Di situ ulat-ulatnya tidak akan mati, dan apinya tidak akan padam, maka semuanya akan menjadi kengerian bagi segala yang hidup.

Yesus mengutip peristiwa pembantaian orang Yahudi dalam serangan bangsa Babel. Dia sedang menyatakan bahwa hal itu akan terjadi lagi ketika orang Romawi menyerang Yerusalem.
11. Ketika Iblis membawa Yesus ke atas sebuah gunung dan memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia setelah dia menempatkan Yesus di bubungan Bait Suci di Yerusalem, tahukah Anda bahwa gunung itu adalah Yerusalem?

Matius 4: 8

Dan Iblis membawa-Nya pula ke atas gunung yang sangat tinggi dan memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia dengan kemegahannya,

12. Tahukah Anda bahwa ketika Yohanes berkata seluruh dunia berada di bawah kuasa si jahat yang dimaksudkannya adalah Iblis menggunakan hukum Taurat untuk mengurung/mengendalikan Anda?
1 Yohanes 5:19

Kita tahu, bahwa kita berasal dari Allah dan seluruh dunia berada di bawah kuasa si jahat.

Beginilah cara dia melakukannya.

Galatia 3:23

Sebelum iman itu datang kita berada di bawah pengawalan hukum Taurat, dan dikurung sampai iman itu telah dinyatakan.


13. Tahukah Anda bahwa yang Paulus maksudkan dalam Galatia 1 sebagai ‘Injil lain’ adalah yang disampaikan dengan perantaraan malaikat-malaikat?

Galatia 1: 8

Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia.

Anda dapat melihatnya di sini.

Galatia 3:19

Kalau demikian, apakah maksudnya hukum Taurat? Ia ditambahkan oleh karena pelanggaran-pelanggaran — sampai datang keturunan yang dimaksud oleh janji itu — dan ia disampaikan dengan perantaraan malaikat-malaikat ke dalam tangan seorang pengantara.


14. Jadi, ketika Paulus menyebut Iblis adalah penguasa kerajaan angkasa, tahukah Anda yang dimaksudkannya adalah tempat pertemuan antara manusia dengan Allah, yaitu tabir antara Ruang Kudus dan Ruang Mahakudus? Tahukah Anda bahwa sekarang Yesuslah tempat pertemuan itu dan bahwa sekarang Anda didudukkan di sana bersama-Nya? Tabir yang baru adalah tubuh Kristus!

Ibrani 10:19-20

Jadi, saudara-saudara, oleh darah Yesus kita sekarang penuh keberanian dapat masuk ke dalam tempat kudus, karena Ia telah membuka jalan yang baru dan yang hidup bagi kita melalui tabir, yaitu diri-Nya sendiri,


15. Tahukah Anda bagaimana Anda ‘diangkat dalam awan di angkasa’? Anda menjadi bait yang baru.
16. Tahukah Anda bahwa Yesus menyebut orang Farisi sebagai anak-anak Iblis? Tahukah Anda ini artinya mereka adalah anak-anak hukum Taurat?

Yohanes 8:44

Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta.

Yohanes 10:10

Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.

Pencuri yang dimaksudkan dalam ayat ini adalah orang-orang Farisi, imam-imam dan ahli-ahli Taurat.
17. Tahukah Anda dalam 1 Timotius Paulus mengatakan bahwa menggunakan hukum Taurat kepada orang benar sama dengan mengajarkan ajaran setan-setan?

1 Timotius 1:8-9

Kita tahu bahwa hukum Taurat itu baik kalau tepat digunakan, yakni dengan keinsafan bahwa hukum Taurat itu bukanlah bagi orang yang benar, melainkan bagi orang durhaka dan orang lalim, bagi orang fasik dan orang berdosa, bagi orang duniawi dan yang tak beragama, bagi pembunuh bapa dan pembunuh ibu, bagi pembunuh pada umumnya,

1 Timotius 4:1

Tetapi Roh dengan tegas mengatakan bahwa di waktu-waktu kemudian, ada orang yang akan murtad lalu mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran setan-setan


18. Tahukah Anda bahwa kata “selamanya-lamanya” dalam Wahyu 20 sebenarnya adalah kata “dari zaman ke zaman”?

Wahyu 20:10

dan Iblis, yang menyesatkan mereka, dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang, yaitu tempat binatang dan nabi palsu itu, dan mereka disiksa siang malam sampai selama-lamanya.

Kata yang dipakai di ayat itu adalah ‘aion.’ Yang seharusnya diterjemahkan menjadi ‘dari zaman Musa ke zaman Mesias.’ Perubahan zaman yang ditandai oleh penghancuran Yerusalem.
19. Tahukah Anda kata ‘malaikat’ juga dapat berarti ‘utusan’ (pembawa pesan)? Jadi Iblis dan utusan-utusannya dapat diterjemahkan sebagai perjanjian lama dan ahli-ahli Taurat, imam-imam dan orang-orang Farisi?


20. Yesus menyebut Simon sebagai Iblis karena dia tidak memikirkan apa yang dipikirkan Allah, melainkan yang dipikirkan manusia. Tahukah Anda yang dimaksudkan-Nya adalah perjanjian lama?

Matius 16:23

Maka Yesus berpaling dan berkata kepada Petrus: “Enyahlah Iblis. Engkau suatu batu sandungan bagi-Ku, sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan Allah, melainkan apa yang dipikirkan manusia.”


21. Wahyu juga mengatakan kepada kita bahwa orang percaya mengalahkan Iblis oleh darah Yesus. Darah Yesus mengakhiri persembahan korban di bawah hukum Taurat. Begitulah cara mereka mengalahkan “Iblis” oleh darah Yesus.

Wahyu 12:11

Dan mereka mengalahkan dia oleh darah Anak Domba, dan oleh perkataan kesaksian mereka. Karena mereka tidak mengasihi nyawa mereka sampai ke dalam maut.

Sekarang lihat ini.

Ibrani 10:18

Jadi apabila untuk semuanya itu ada pengampunan, tidak perlu lagi dipersembahkan korban karena dosa.

Konteks ayat ini adalah darah Yesus dibandingkan dengan darah lembu jantan dan domba jantan.
Jadi saya sungguh-sungguh percaya bahwa Wahyu 20 adalah peristiwa yang telah terjadi di masa lalu dan bahwa ‘Iblis’ yang disebutkan di dalamnya bukanlah naga jahat sungguhan secara harfiah, tetapi perjanjian lama dan roh yang ada di baliknya.

Setelah menjelaskan hal ini kepada seseorang, dia berkata, “Bukankah kita harusnya mengikuti apa yang telah kita percayai dari mulanya?”

Menurut saya membaca Kitab Suci menurut konteksnya adalah kunci untuk memahami Kitab Suci.

Jika kita mengatakan “Bukankah kita harusnya mengikuti apa yang telah kita percayai dari mulanya?” sama artinya dengan mengatakan “Marilah terus mempercayai apa yang telah diajarkan kepada kita di masa lalu” meskipun yang diajarkan itu salah.

Definisi kegilaan adalah “melakukan sesuatu berulang-ulang dengan cara yang sama dan berharap hasilnya akan berbeda.”

Saya tidak gila. Gereja pun seharusnya tidak dianggap demikian.

Setan sudah di bawah kaki kita.

Roma 16:20

Semoga Allah, sumber damai sejahtera, segera akan menghancurkan Iblis di bawah kakimu. Kasih karunia Yesus, Tuhan kita, menyertai kamu!

Ayat ini ditulis sebelum peristiwa tahun 70 Masehi, jadi hari ini Iblis sudah dihancurkan di bawah kaki Anda.
Simon Yap: Understanding Revelation 20: Satan and the lake of fire; November 15, 2015.

https://hischarisisenough.wordpress.com/2015/11/15/understanding-revelation-20-satan-and-the-lake-of-fire/

Advertisements